Laporan Akhir Percobaan 1




    1. Jurnal [Kembali]



    2. Alat dan Bahan [Kembali]
    1. 74LS112

    2. LED

    3. SPDT
    4. Jumper
    5. 7474






    3. Rangkaian Simulasi [Kembali]



    4. Prinsip Kerja Rangkaian [Kembali]
    Pada percobaan ini menggunakan jk flip flop dan D flip flop , diketahui B0=1,B1=0,B3=dontcare,B4=dont'care,B5=dont'care, dan B6=don'tcare. Pada JK flip flop  arus B1 mengalir dari VCC yang mana B1 berlogika 0 mengalir ke kaki input set sehingga input berlogika 0. Pada B2, switch berlogika 0 dan diteruskan ke kaki input J, pada B4 switch berlogika 0 diteruskan ke kaki K, pada CLKk diberikan input berlogika 1, dan arus mengalir pada B0 ke kaki R(Reset). Pada 74LS112, Jk flip flop inputnya berlogik 0 0 sehingga Q' berlogika 0. Pada input R  berlogika 1 diinverterkan sehingga dalam gerbang berlogika 0 dan pada input S diberikan input 0 sehingga dalam gerbang berlogika 1 yang menyebabkan nilai Q berlogika 1 yang mana sesuai dengan tabel kebenarannya.

    Pada D flip flop, kaki high SPDT terhubung ke vcc dan kaki low SPDT terhubung ke ground. Pada gerbang ini menggunakan RS dan D flip flop. Pada RS flip-flop input yang diberikan yaitu 1 0, diinverterkan sehingga pada gerbang dibaca logika 0 1 yang membuat Q berlogika 1, akan tetapi RS flip-flop merupakan aktive low yang akan aktif bila berlogika 0, sedangkan pada gerbang nilai output 1 yang menyebabkan RS flip flop tidak aktif. Pada D berlogika 1 sehingga Q berlogika 1.


    5. Video Rangkaian [Kembali]



    6. Analisa [Kembali]
    1. Bagaimana jika B0 dan B1 sama sama diberi logika 0, apa yang terjadi pada rangkaian?
    jawab :
    Jika B0 dan B1 diberi logika 0 maka terjadi perubahan pada Q dan Q' pada JK flip flop dan D flip flop menjadi sama sama logika 1.

    2. Bagaimana jika B3 diputuskan/tidak dibubungkan pada rangkaian apa yang terjadi pada rangkaian?
    Jawab:
    B3 merupakan clock pada rangkaian Jk flip flop, jika B3 diputus maka JK flip flop tidak bekerja, karena pada JK flip flop harus ada clock untuk menghindari kondisi terlarang.

    3. Jelaskan apa yang dimaksud kondisi toggle, kondisi not change, dan kondisi terlarang pada Flip-Flop!
    Jawab:
    Toggle adalah suatu kondisi input yang mengakibatkan output Q berkebalikan dari kondisi sebelumnya.
    Not change adalah suatu kondisi tidak berubah yang terjadi pada RS flip flop dan JK flip flop ketika Q dan Q' berlogika 0.
    kondisi terlarang adalah suatu kondisi pada RS flip flop apabila output pada Q dan Q' berlogika 1.

    7. Link Download [Kembali]

    download video rangkaian

    download datasheet 74LS112

    download datasheet 7474

    download html

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Modul IV Sistem Pintu Gudang Pintar

    [KEMBALI KE MENU SEBELUMNYA] DAFTAR ISI 1. Tujuan Perancangan 2. Komponen 3. Dasar Teori 4. Listing Program 5. Flowchart...